Nggak terasa sudah hampir setahun!
Berikut hal-hal yang nggak banget dari tinggal di KL:

| Deposit
Segala hal butuh deposit, dari rumah hingga sekolah, bahkan sampai hal kecil semacam galon air minum dan langganan paket data untuk tablet 😦

| Susahnya cari masjid
Kalau dalam perjalanan sih nggak masalah, di pom bensin atau rest area selalu ada surau. Tapi kalau mau sholat jamaah atau sholat tarawih, harus naik kendaraan untuk pergi ke masjid. Idealnya ya cari tempat tinggal dekat masjid.

| Susah air
Serius, ini masalah kok sama kayak kampung halaman. Bagi yang tinggal di KLCC sih nggak masalah, tapi di luar itu, jika sedang musim susah air bisa dipastikan dapat pemadaman aliran air bergilir. Minimal satu hari dalam sebulan nggak ada aliran air. Pinggir kota lebih parah, bisa dua hari dalam seminggu nggak ada air. Siap-siap menampung air hujan deh.

| Kabut asap
Bisa karena kiriman dari Indonesia (disebabkan kebakaran hutan atau buka hutan yang dilakukan perusahaan yang dimiliki warga Malaysia juga) atau kebakaran hutan/ladang yang terjadi di Malaysia sendiri. Kota jadi gelap dan seperti berkabut, bernafas jadi terasa berat. Senangnya sih sekolah bisa diliburkan, tapi nggak bisa kemana-mana juga jadi ya sama aja dong. Jika parah kadang penutupan airport bisa terjadi juga. Kalau di Abud ada sandstorm, di sini ada kabut asap.

| Kriminalitas
Lebih kurang mirip sama Indonesia. Jambret motor yang mengincar tas yang diletakkan di sisi pengemudi mobil yang sendirian, terutama lady driver. Dua orang rekan sudah jadi korban. Ekstra hati-hati bagi yang nyetir sendiri kemana-mana.

| Barang-barang mahal
Nggak seperti di negara-negara GCC yang tax free, harga barang di sini mahal, 11/12 sama Indonesia deh. Maklum, kena pajak. Furnitur, elektronik, mobil misalnya, jauh lebih murah di GCC. Malah harga mobil lebih murah di Indonesia daripada di Malaysia. Mereka menetapkan pajak tinggi untuk mobil impor dengan harapan meningkatkan pasaran mobil lokal. Berhasil sih, mobil dengan merek-merek lokal yang murah menjadi favorit pengguna kendaraan di sini.

Iklan